Selasa, 29 Juli 2014

Minta Gendong di Pantai Teluk Penyu


Pelesiran ke Segara atau pantai menjadi tradisi tak tertulis setiap hari Lebaran di rumah mertua atau mbahnya anak-anak. Hari kedua Lebaran 2014, kami pun memilih Pantai Teluk Penyu, Cilacap. 

Tapi di luar dugaan si bungsu Rara kurang menikmati pelesiran kali ini. Alasannya, takut kerang. Sudah lama ia memang takut atau jijik dengan binatang laut itu. 

Masalahnya pada pelesiran Lebaran 2013, kami bisa menikmatinya. Kala itu Rara juga takut kerang. Ia tak mau turun dari gendongan papanya. Beruntung kondisi itu hanya sebentar. Ia kemudian turun, berlompatan tatkala didatangi ombak, bahkan akhirnya bermain ombak dan tak mau diajak pulang.

Tahun ini, kami berharap pengalaman itu terulang. Mulanya, Rara tak mau pergi ke pantai. Ia meminta diajak kolam renang. Pilihan itu terasa menyulitkan kami karena kolam renang di kawasan Maos, Jawa Tengah, tempat tinggal eyangnya Rara, relatif susah didapatkan.

Beruntung beberapa jam sebelum pergi ke pantai, ia menyetujuinya. Kami semua menjadi senang. Namun begitu sampai di pantai, Rara tak mau turun. Ia minta selalu digendong papanya tat kalah melihat pecahan kerang berserakan di sepanjang pantai.

Meski saya mencoba menjatuhkan diri agar Rara menyentuh pasir pantai, bocah itu malah menjerit-jerit dan tak mau melepaskan pegangan dari bahu ayahnya. Saya pun menyerah. Rara memilih tak bermain air pantai dan duduk bersama mamanya di kejauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar